0

DATA CURAH HUJAN ONLINE UNTUK MENDUKUNG PENELITIAN BIDANG HIDROLOGI, GEOHIDROLOGI, DAN GERAKAN TANAH

Ali Munandarby Ali Munandar / Jumat, 06 Februari 2009 / Posted in : ,



DATA CURAH HUJAN ONLINE UNTUK MENDUKUNG PENELITIAN BIDANG HIDROLOGI, GEOHIDROLOGI, DAN GERAKAN TANAH
Oleh : Bambang S Widijono
(Praktisi Geologi)
Anggota komunitas www.rt-net-kapelima.com, warga RT05/RW13 Desa Jatiendah
Kecamatan Cilengkrang
Kab. Bandung
Pendahuluan
Data curah hujan sebagai salah satu data yang dibutuhkan dalam penelitian bidang hidrologi, geohidrologi dan penanganan masalah banjir sudah sering dilakukuan oleh beberapa instansi terkait. Data curah hujan tersebut berasal dari instansi terkait yang menangani masalah curah hujan. Tetapi menurut pengamatan kami data curah hujan tersebut diakses dari suatu alat ukur curah hujan yang belum dapat diakses secara online, sehingga untuk mendapatkan informasi curah hujan tersebut harus ditunggu dakam beberapa selang waktu. Dalam masalah khusus kadangkala dibutuhkan data curah hujan secara realtime, misalnya untuk peringatan dini bencana banjir atau gerakan tanah. Untuk mengatasi masalah ini maka diperlukan suatu alat ukur curah hujan secara online. Alat sensor curah hujan online pertama di Indonesia telah diujicobakan di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara LIPI-Poltekpos Bandung, ww.rt-net-kapelima.com dan Kecamatan Cilengkrang. Alat tersebut dapat merekam data curah hujan dengan radius 30 km. Data curah hujan tersebut dapat diakses secara online melali situs www.rt-net-kapelima.com. Data curah hujan tersebut akurasinya cukup tinggi dengan tingkat kesalahan 3%. Data curah hujan tersebut dapat digunakan untuk mendukung penelitian dalm bidang hidrologi, geohidrologi, dan gerakan tanah.
Penelitian bidang hidrologi
Penelitian ini biasanya dilaksanakan untuk menunjang penelitian bidang pertanian, pengelolaan DAS, perencanaan bendungan, perencanaan pembangkirt listrik mikrohidro dan peramalan banjir.
Pengelolaan DAS biasanya bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kekritisan suatu lahan, dimana curah hujan disumsikan sebagai salah satu faktor penyebab suatu kekritisan suatu lahan. Penelitian ini erat kaitannya dengan penelitian irigasi untuk pertanian dan perawatan bendungan. Data curah hujan pada survey perencanaan bendungan digunakan untuk mengevaluasi volume air maksimal yang dapat dismpan di waduk tersebut , sehingga dapat dipakai sebagai dasar perencanaan alat tutup buka air (perencanaan pintu air). Data curah hujan pada survey pembangkit listrik mikrohidro dipakai sebagai dasar evaluasi sungai, apakah debit sungai tersebut cukup kontinyu sepanjang tahun atau tidak.
Curah hujan juga merupakan salah satu factor penyebab terjadinya banjir di suatu daerah disamping banyak faktor-faktor lainnya. Jadi dengan mengadakan penelitian yang mendalam mengenai penyebab banjir, maka peramalan dan usaha-usaha penanggulangannya dapat dilakukan dengan baik.
Penelitian bidang Geohidrologi
Data curah hujan dibutuhkan pada penelitian potensi air tanah di suatu daerah tertentu. Seperti diketahui bahwa potensi air tanah di suatu daerah dikontrol oleh curah hujan, porositas tanah, vegetasi dan kemiringan lereng serta struktur lapisan pembawa air tanah.
Penelitian bidang Gerakan tanah
Faktor penyebab gerakan tanah adalah curah hujan, kemiringan lereng, strukutur geologi, keaddan batuan, tata guna lahan, dan adanya getaran.
Fakta menunjukan bahwa faktor curah hujan merupakan faktor dominan yang secara umum sebagai pemicu terjadinya gerakan tanah.
Hasil penelitian mendalam mengenai intensitas curah hujan maksimal yang dapat menyebabkan terjadinya gerakan tanah dapat digunakan sebagai acuan untuk peringatan dini bagi masyarakat sekitar lokasi yang diperkirakan akan mengalami bencana alam tersebut.
Saran
Berdasarkan uraian diatas maka disarankan instansi yang berwewenang untuk memasang alat sensor curah hujan online di sekitar daerah rencana penelitian. Sistem pelaksanaannya dapat mengacu model seperti yang sudah dilakukan oleh kerjasama antara LIPI-POLTEKPOS BANDUNG, KOMUNITAS WWW.RT-NET-KAPELIMA.COM DAN KEC. CILENGKRANG, KABUPATEN BANDUNG




Advertise here: buy a permalink on this post

Ali Munandar Ali Munandar is an indonesian programmer, blogger, Windows user, founder of speechyourm1nd.blogspot.com. He lives in Bandung, Indonesia. Follow Ocim on Twitter or take a look at his Facebook Profile.
Related Contents Sponsors

Posted by ali in Speechyourm1nd , at Jumat, 06 Februari 2009

Tags: ,

comments

Leave a comment then Subscribe via the feed or via email.

L

Sponsored

Blog Archive

happy readers. Subscribe

Facebook Contact Us Twitter Delicious